SEKOLAH KAMI

DARI TUMPUKAN SAMPAH MENJADI RUANG KELAS 


Sekolah Kami merupakan sekolah informal yang dikelola secara swadaya untuk menampung kegiatan belajar anak-anak pemulung dan kaum dhuafa di daerah Bekasi. Didirikan oleh Dr. Irina Amongpradja pada tahun 2001, Sekolah Kami menyediakan pendidikan gratis setara SD dan SMP sebelum menyalurkan ke sekolah kejuruan. Di Sekolah Kami terdaftar sekitar 120 murid, tidak termasuk alumni yang sudah diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah negri. 

 

Sekolah Kami menyediakan semua perlengkapan belajar dan kebutuhan pendukung seperti transportasi dan makanan saat jam sekolah. Sebelumnya, lokasi yang kami tempati sekarang adalah komplek hunian pemulung dan area pembuangan sampah. Secara berkala, kami merubah tempat ini menjadi pusat belajar dan kegiatan yang hijau dan asri.  

MURID KAMI

Murid kami adalah anak-anak dari komunitas pemulung Bekasi yang terdiri dari sekitar 700 keluarga. Setiap 15-20 pemulung mempunyai seorang atasan yang menyediakan rumah bedeng dan makan seadanya untuk mereka. Sebagai imbalannya mereka menjadi pemulung dan menjual berbagai sampah yang dapat didaur ulang kepada pemimpin mereka dengan harga dibawah pasaran. 

 

Orang tua murid mengijinkan anaknya untuk sekolah karena mereka diberikan makan saat jam sekolah (terkadang satu-satunya makanan di hari itu) dan karena mereka berharap anak mereka dapat menjadi generasi pertama yang bisa membaca. Sepulang sekolah, anak-anak ini harus bekerja. Mereka harus berjalan sejauh 5 km untuk memulung. Mimpi mereka adalah agar suatu hari dapat memiliki karung yang lebih besar dari orang tuanya. Merupakan tujuan kami untuk  membantu mereka membentuk dan merealisasikan cita-cita yang lebih tinggi demi masa depan yang lebih baik.

Follow us on:

  • Facebook - White Circle
  • Instagram - White Circle

Sekolah Kami 2018. All rights reserved. Website  by Farrah Almira